Review 5 Tren Digital Marketing Yang Akan Berkembang Di Tahun 2023
Hai kawan-kawan, sebagai ahli bisnis, aku ingin membagikan informasi penting tentang tren Digital marketing yang akan menjadi sorotan di tahun 2023. Sebelumnya, jangan terpaku pada strategi Digital marketing yang kamu gunakan di tahun lalu karena pada tahun ini semuanya akan berbeda. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk terus mengikuti perkembangan terbaru agar bisnis kamu tidak ketinggalan zaman.
Seiring dengan perkembangan teknologi, Digital marketing semakin maju dan banyak platform baru dengan fitur-fitur menarik yang bermunculan. Hal ini tentunya membawa banyak peluang baru bagi kita sebagai digital marketer. Namun, di sisi lain, tantangan baru juga muncul, di mana kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan di era digital yang terus berkembang.
Nah, di tahun 2023, ada beberapa hal yang akan menjadi fokus utama dalam Digital marketing. Artikel ini akan memberikan detail tentang tren dan perubahan besar yang akan terjadi. Kalian pasti penasaran, bukan? Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan artikel ini karena aku akan memberikan tips praktis yang dapat kalian terapkan pada bisnis kalian.
5 Tren Digital Marketing Yang Akan Berkembang Di Tahun 2023
![]() |
| Sumber Gambar Dari : WarnarupaDigital |
Perkenalkan, nama saya Tasriadi, dan saya akan berbagi tips dan trik, tutorial, dan hal menarik lainnya yang berhubungan dengan Digital marketing dan bisnis. Jadi, yuk kita bersiap-siap untuk mempelajari apa saja yang akan menjadi fokus utama di dalam Digital marketing di tahun 2023 dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis kita!
1. Short-Form dan Vertical Content
Ayo kita bahas tren pertama yang bakal jadi pembahasan kita: short-form dan vertical content. Format Video yang pendek dan orientasi vertikal bakal jadi pilihan tepat buat kalian yang ingin menghasilkan dampak besar di tahun ini. Terlebih lagi, konten seperti ini cocok banget buat Instagram Reels dan juga YouTube Shorts. Awalnya, TikTok berhasil mencuri perhatian pengguna, bahkan dari platform social media lain. Instagram pun ikutan meniru format TikTok, bahkan CEO Instagram sendiri, Adam Mosseri, mengatakan kalau platform ini bukan sekadar tempat sharing foto lagi. YouTube juga ikutan dengan YouTubers-nya.
Buat digital marketer, penting nih buat kalian tahu kalau raksasa sosial media ini bakal mendorong penggunanya buat stay di situ dengan fitur-fitur terbaru mereka. Nah, kalau kita bisa memanfaatkan ketiga platform itu dengan baik, kita bakal dapetin view yang tinggi dan engagement rate yang baik juga. Alasannya simpel aja, platform sosial media bakal lebih memprioritaskan konten-konten yang berbentuk vertikal dan artikel pendek.
Tahun 2023 ini, kalian bisa membidik audience yang lebih dewasa di TikTok, karena lebih dari 40% penggunanya ada di rentang usia 25 sampai 34 tahun. Jangan lupa, ketika kalian membuat konten untuk TikTok, sebaiknya juga diposting di Instagram Reels dan YouTube Shorts buat membidik audience yang lebih dewasa.
Nah, kuncinya adalah pastikan konten kalian menarik dan mudah dikonsumsi oleh audio sekalian. Dengan begitu, konten kalian bakal lebih mudah dibagikan dan potensinya buat viral juga bakal lebih tinggi. Jadi, pastikan buat memperhatikan kualitas konten dan juga kesesuaian format dengan platform sosial media yang kalian gunakan.
2. User Experience
Satu hal yang perlu diperhatikan oleh bisnis di era digital saat ini adalah pengalaman digital yang diberikan kepada pengguna atau customer. Hampir semua orang kini menggunakan smartphone untuk mengakses informasi, mencari produk, bahkan berbelanja online. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui website atau aplikasi yang cepat dan mudah digunakan.
Personalisasi konten juga menjadi tren yang semakin penting di tahun 2023 ini. Bisnis perlu mempelajari data audience dengan akurat untuk membuat segmentasi yang tepat dan menampilkan konten yang sesuai dengan minat dan karakteristik audience mereka. Dengan personalisasi konten yang tepat, bisnis dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Sebagai contoh, ketika kita belanja di platform seperti Tokopedia atau Shopee, kita dapat melihat rekomendasi produk yang relevan dengan apa yang kita cari sebelumnya. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya personalisasi dalam memberikan pengalaman digital yang baik dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Oleh karena itu, bagi bisnis, pastikan pengalaman digital yang diberikan kepada pengguna sudah optimal dan disesuaikan dengan minat dan kebiasaan mereka. Personalisasi konten menjadi kunci penting dalam meningkatkan keterikatan dan loyalitas konsumen terhadap sebuah brand di era digital saat ini.
3. Marketing Automation
Ada fitur marketing automation yang akan menjadi tren digital marketing pada tahun 2023. Mengapa? Di era yang semakin cepat ini, kebutuhan untuk memanfaatkan berbagai jenis artikel digital marketing sekaligus sudah menjadi prioritas utama.
Konsep Omni article marketing bukanlah hal yang baru lagi. Bisnis menggunakan berbagai macam artikel seperti media sosial, email marketing, konten marketing, dan performasi marketing untuk menjangkau dan berinteraksi dengan calon pelanggan mereka. Semakin banyak bisnis di Indonesia yang menggunakan digital marketing untuk terhubung dengan pelanggan mereka, sehingga marketing automation menjadi tools yang sangat penting untuk membantu mereka mempermudah bisnis dalam menjangkau audience yang tepat dengan pesan yang tepat, dengan mengotomatiskan pekerjaan yang repetitif atau berulang, dan berfokus pada sinyal bisnis marketing.
Dengan adanya marketing automation, bisnis di Indonesia dapat menciptakan campaign marketing yang lebih efisien dan efektif. Saya memprediksi bahwa pada tahun 2023, akan meningkatnya bisnis yang memanfaatkan marketing automation melalui share and platform untuk semua artikel digital marketing yang mereka jalankan.
Contoh penggunaan marketing automation pada platform CRM adalah ketika calon pelanggan masuk dari artikel media sosial dan bertanya melalui DM tentang produk yang dijual, platform dapat langsung merespon dan mengarahkan calon pelanggan dengan pesan yang lebih santai dan casual untuk menuju ke halaman blog yang relevan sesuai dengan pertanyaan mereka. Hal serupa juga dapat dilakukan pada halaman efek ketika ada calon pelanggan yang menanyakan tentang proses order melalui halaman kontak di website. Mereka akan dibalas dengan email yang personal, live, dan menggunakan sapaan yang lebih formal, sehingga dapat membantu mereka dalam proses memboarding yang lebih sederhana dan cepat.
Selain itu, ketika ada calon pelanggan yang baru saja selesai membuat akun di website e-commerce, mereka akan langsung mendapatkan welcome email yang membantu untuk mengenalkan cara navigasi di website. Atau pada saat melakukan up selling, email rekomendasi produk-produk yang relevan akan dikirimkan secara otomatis kepada orang-orang yang spesifik pada waktu tertentu sesuai dengan history pembelian mereka sebelumnya.
4. Artificial Intelligence (AI)
Pada nomor 4, kita akan membahas tentang Artificial Intelligence (AI) dan mesin learning yang merupakan teknologi canggih yang dapat membantu kita sebagai seorang digital marketer untuk meningkatkan efektivitas konten iklan serta analisis data yang kita lakukan. Dengan memanfaatkan perkembangan AI dan mesin learning, kita dapat mengoptimalkan setiap kampanye yang kita jalankan.
Contoh penggunaan AI dalam Digital marketing yang pertama adalah pada pemanfaatan chatbot untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan menggunakan Natural Language Processing, chatbot dapat memberikan pengalaman layanan konsumen yang lebih baik dan memudahkan dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Robot ini juga dapat bekerja selama 24 jam dan siap memberikan jawaban yang akurat.
Contoh penggunaan AI yang lain adalah pada penggunaan mesin learning untuk membuat strategi Digital marketing yang tepat. Google Analytics merupakan salah satu tools yang sangat berguna bagi seorang digital marketer. Dalam Google Analytics terdapat fitur Predictive Matrix yang memanfaatkan mesin learning untuk memprediksi perilaku pengguna di masa mendatang. Dengan mempelajari data event atau peristiwa terstruktur yang sudah kalian set sebelumnya, kalian dapat memperoleh Insight terkait pelanggan kalian seperti persentase pengguna yang aktif atau pengguna yang kemudian akan menjadi tidak aktif.
Penggunaan AI dan mesin learning dalam Digital marketing akan terus berkembang pesat di tahun 2023 ini. Kita dapat memanfaatkan AI untuk membantu dalam proses pembuatan konten, membuat kalender campaign, hingga mengenal karakteristik pelanggan kita. Dengan memanfaatkan teknologi canggih ini, kita dapat memprediksi masa depan dan membuat strategi yang lebih tepat sasaran dan spesifik berdasarkan prediksi yang diberikan.
5. Live Shopping
Ada fitur live shopping yang wajib dicoba. Pasti kalian sudah tak asing lagi dengan TikTok live shopping, kan? Beberapa dari kalian bahkan sudah sering belanja di sana. Ternyata, fitur ini tidak hanya bisa kalian temukan di TikTok, tapi juga di Shopee sejak Juni 2019 lalu.
Nah, nih, prediksi saya di tahun 2023 ini, fitur live shopping bakal semakin ngetren, dan tentu saja, semakin banyak bisnis yang memanfaatkannya untuk berjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Kelebihan dari fitur live shopping ini adalah calon pembeli bisa langsung berinteraksi dengan penjualnya. Serasa berbelanja di pasar, ya! Bisa nanya-nanya tentang produk, diskon, harga, dan lain sebagainya. Pasti nyaman banget, kan?
Selain itu, calon pembeli juga bisa melihat produk secara realistis dan real time sebelum memutuskan untuk membeli. Jadi, tak perlu khawatir barang yang dibeli tidak sesuai harapan. Bagi penjual, kalian bisa melakukan demo produk langsung kepada calon pembeli dan menunjukkan kelebihan dari produk yang kalian jual. Mantap, kan? Fitur live shopping ini bisa jadi senjata ampuh kalian dalam meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
Oh ya, saya ada rekomendasi nih untuk kalian. Cobain deh untuk melakukan live shopping dari beberapa platform secara langsung dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, ketika kalian sedang live di TikTok, kalian juga bisa live di Instagram dan Shopee sekaligus. Efisien banget, kan? Waktu kalian jadi lebih produktif, dan bisa berinteraksi langsung dengan pengguna di masing-masing platform yang berbeda. Jangan sampai ketinggalan, ya!
Penutup
Di sini saya telah membagikan tips tentang bagaimana cara mempersiapkan strategi digital marketing terbaik di tahun 2023 berdasarkan tren yang akan berkembang di tahun ini. Saya harap informasi yang saya bagikan di artikel ini dapat membantu kalian dalam mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif. Sudahkah kalian memikirkan strategi pemasaran untuk tahun 2023? Berikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini ya! Saya akan senang mendengar pendapat kalian. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Review 5 Tren Digital Marketing Yang Akan Berkembang Di Tahun 2023
Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim


Post a Comment